ILMU SOSIAL DASAR SEBAGAI MATA KULIAH DASAR UMUM
ILMU SOSIAL DASAR SEBAGAI MATA KULIAH DASAR UMUM
Pengertian ISD dan IPS
ISD adalah pengetahuan yang
menelaah masalah-masalah sos ial, khususnya masalah-masalah yang diwujudkan
oleh masyarakat Indonesia, dengan menggunakan teori-teori (fakta, konsep, teori)
yg berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu
sosial (seperti Geografi Sosial, Sosiologi, Antropologi Sosial, Ilmu Politik,
Ekonomi, Psikologi Sosial dan Sejarah). ISD merupakan suatu usaha yang dapat
diharapkan memberikan pengetahuan umum dan pengetahuan dasar tentang
konsep-konsep yg dikembangkan untuk melengkapi gejala-gejala sosial agar daya
tanggap (tanggap nilai), persepsi dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi
lingkungan sosial dapat ditingkatkan , sehingga kepekaan mahasiswa pada
lingkungan sosialnya menjadi lebih besar.
IPS merupakan suatu program
pendidikan dan bukan sub-disiplin ilmu tersendiri, sehingga tidak akan
ditemukan baik dalam nomenklatur filsafat ilmu, disiplin ilmu-ilmu sosial
(social science), maupun ilmu pendidikan. Social Scence Education Council
(SSEC) dan National Council for Social Studies (NCSS), menyebut IPS sebagai
“Social Science Education” dan “Social Studies”. Dengan kata lain, IPS
mengikuti cara pandang yang bersifat terpadu dari sejumlah mata pelajaran
seperti: geografi, ekonomi, ilmu politik, ilmu hukum, sejarah, antropologi,
psikologi, sosiologi, dan sebagainya.
Tujuan ISD dan IPS
Tujian mempelajari Ilmu social dasar dan Ilmu
Pengetahuan Sosial yaitu membantu perkembangan wawasan penalaran dan
kepribadian mahasiswa agar memperoleh wawasan yang lebih luas dan cirri-ciri
kepribadian yang diharapkan dari sikap mahasiswa, khususnya berkenaan dengan
sikap dan tingkah laku manusia dalam menghadapi manusia-manusia lain,
serta sikap dan tingkah laku manusia-manusia lain terhadap manusia yang bersangkutan
secara timbal balik. Sedangkan, tujuan diberikannya ISD sebagai MKDU tidak lain
adalah untuk membantu perkembangan wawasan penalaran dan kepribadian mahasiswa
agar memperoleh wawasan yang lebih luas dan ciri-ciri kepribadian yang
diharapkan dari sikap mahasiswa, khususnya berkenaan dengan sikap dan tingkah
laku manusia dalam menghadapi manusia-manusia lain, serta sikap dan tingkah
laku manusia-manusia lain terhadap manusia yang bersangkutan secara timbal
balik. Mahasiswa
juga diharapkan mampu memahami dan menyadari adanya masalah-masalah sosial yang
ada dalam masyarakat, memiliki sikap dan tingkah laku yang baik dalam
masyarakat agar tidak terjadi keributan ataupun kericuhanserta peka terhadap
masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha mencegah dan
menanggulanginya.
3 Kelompok Ilmu Pengetahuan
1) Ipa Murni ( Fisika, Kimia,
Biologi, Astronomi)
2) Pengetahuan Ips ( Sosiologi,
Politik, Ekonomi, Sejarah, Psikologi )
3) Kemasyarakatan ( Bahasa, Agama,
Kesenian, Sastra )
Perbedaan ISD dan IPS
Ilmu Sosial Dasar diberikan di Perguruan Tinggi,
sedang Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan di Sekolah Dasar dan Sekolah
Lanjutan. Ilmu Sosial Dasar merupakan satu matakuliah tunggal, sedang Ilmu
Pengetahuan Sosial merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran (untuk
sekolah lanjutan). Ilmu Sosial Dasar diarahkan kepada pembentukan sikap
dan kepribadian, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial diarahkan kepada pembentukan pengetahuan
dan ketrampilan intelektual
Persamaan ISD dan IPS
ISD
dan IPS sama-sama mempelajari ilmu-ilmu yang berhubungan dengan masyarakat dan
hampir memiliki ruang lingkup yang sama dalam kemasyarakatan. Bukan merupakan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
Juga, merupakan bahan studi untuk
program pengajaran, dan keduanaya terdiri dari kenyataan dan masalah sosial.
Ruang lingkup ISD
1)
Kenyataan
masalah dalam masyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah sosial
tertentu.
2)
Konsep-konsep
social tentang kenyataan sosial berbatasan dengan konsep dasar saja yang
diperlukan untuk mempelajari masalah sosial yang di tuangkan dalam Ilmu
Pengetahuan Sosial.
3)
Masalah-masalah
yang muncul di dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai
kenyataan-kenyataan sosial yang antara yang satu dengan yang lainnya berbeda.
4)
ISD
juga meliputi dua kelompok utama; studi manusia dan masyarakat dan studi
lembaga2 sosial. Yang terutama terdiri atas psikologi, sosiologi, dan
antropologi, sedang yg kemudian terdiri atas ekonomi dan politik.
Sumber
http://putrasinambela.wordpress.com/2013/10/01/pengertian-tujuan-isd-ruamg-lingkup-isd-persamaan-isd-dan-ips/
Komentar
Posting Komentar