ILMU SOSIAL DASAR SEBAGAI MATA KULIAH DASAR UMUM



ILMU SOSIAL DASAR SEBAGAI MATA KULIAH DASAR UMUM

Pengertian ISD dan IPS

ISD adalah pengetahuan yang menelaah masalah-masalah sos ial, khususnya masalah-masalah yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia, dengan menggunakan teori-teori (fakta, konsep, teori) yg berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial (seperti Geografi Sosial, Sosiologi, Antropologi Sosial, Ilmu Politik, Ekonomi, Psikologi Sosial dan Sejarah). ISD merupakan suatu usaha yang dapat diharapkan memberikan pengetahuan umum dan pengetahuan dasar tentang konsep-konsep yg dikembangkan untuk melengkapi gejala-gejala sosial agar daya tanggap (tanggap nilai), persepsi dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosial dapat ditingkatkan , sehingga kepekaan mahasiswa pada lingkungan sosialnya menjadi lebih besar.
IPS merupakan suatu program pendidikan dan bukan sub-disiplin ilmu tersendiri, sehingga tidak akan ditemukan baik dalam nomenklatur filsafat ilmu, disiplin ilmu-ilmu sosial (social science), maupun ilmu pendidikan. Social Scence Education Council (SSEC) dan National Council for Social Studies (NCSS), menyebut IPS sebagai “Social Science Education” dan “Social Studies”. Dengan kata lain, IPS mengikuti cara pandang yang bersifat terpadu dari sejumlah mata pelajaran seperti: geografi, ekonomi, ilmu politik, ilmu hukum, sejarah, antropologi, psikologi, sosiologi, dan sebagainya.

Tujuan ISD dan IPS

Tujian mempelajari Ilmu social dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial yaitu membantu perkembangan wawasan penalaran dan  kepribadian mahasiswa agar memperoleh wawasan yang lebih luas dan cirri-ciri kepribadian yang diharapkan dari sikap mahasiswa, khususnya berkenaan dengan sikap dan tingkah laku manusia dalam menghadapi  manusia-manusia lain, serta sikap dan tingkah laku manusia-manusia lain terhadap manusia yang bersangkutan secara timbal balik. Sedangkan, tujuan diberikannya ISD sebagai MKDU tidak lain adalah untuk membantu perkembangan wawasan penalaran dan kepribadian mahasiswa agar memperoleh wawasan yang lebih luas dan ciri-ciri kepribadian yang diharapkan dari sikap mahasiswa, khususnya berkenaan dengan sikap dan tingkah laku manusia dalam menghadapi manusia-manusia lain, serta sikap dan tingkah laku manusia-manusia lain terhadap manusia yang bersangkutan secara timbal balik. Mahasiswa juga diharapkan mampu memahami dan menyadari adanya masalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat, memiliki sikap dan tingkah laku yang baik dalam masyarakat agar tidak terjadi keributan ataupun kericuhanserta peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha mencegah dan menanggulanginya.

3 Kelompok Ilmu Pengetahuan

1)    Ipa Murni ( Fisika, Kimia, Biologi, Astronomi)
2)    Pengetahuan Ips ( Sosiologi, Politik, Ekonomi, Sejarah, Psikologi )
3)   Kemasyarakatan ( Bahasa, Agama, Kesenian, Sastra )

Perbedaan ISD dan IPS

Ilmu Sosial Dasar diberikan di Perguruan Tinggi, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan di Sekolah Dasar dan Sekolah Lanjutan. Ilmu Sosial Dasar merupakan satu matakuliah tunggal, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran (untuk sekolah lanjutan). Ilmu Sosial Dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan ketrampilan intelektual

Persamaan ISD dan IPS

ISD dan IPS sama-sama mempelajari ilmu-ilmu yang berhubungan dengan masyarakat dan hampir memiliki ruang lingkup yang sama dalam kemasyarakatan. Bukan  merupakan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.  Juga, merupakan bahan studi untuk program pengajaran, dan keduanaya terdiri dari kenyataan dan masalah sosial.

Ruang lingkup ISD

1)   Kenyataan masalah dalam masyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah sosial tertentu.
2)   Konsep-konsep social tentang kenyataan sosial berbatasan dengan konsep dasar saja yang diperlukan untuk mempelajari masalah sosial yang di tuangkan dalam Ilmu Pengetahuan Sosial.
3)   Masalah-masalah yang muncul di dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial yang antara yang satu dengan yang lainnya berbeda.
4)   ISD juga meliputi dua kelompok utama; studi manusia dan masyarakat dan studi lembaga2 sosial. Yang terutama terdiri atas psikologi, sosiologi, dan antropologi, sedang yg kemudian terdiri atas ekonomi dan politik.

Sumber

http://putrasinambela.wordpress.com/2013/10/01/pengertian-tujuan-isd-ruamg-lingkup-isd-persamaan-isd-dan-ips/ 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

AMDAL DAN KASUS PENYIMPANGAN AMDAL

8 pokok bahasan IBD

The Palm Jumaerah dan Dubai Marina